rangkum.id

Inspiratif & Edukatif

Prada Rahmat Pantau Perkembangan Jagung Milik Petani

1 min read

BOLSEL – Untuk mengoptimalkan capaian program Ketahanan Pangan (Hanpangan) di wilayah pada masa pandemi Covid-19 ini, Prabinsa atau Prajurit Pembina Desa Koramil 1303-06/Pinolosian rutin melakukan pengecekan perkembangan tanaman petani di wilayah binaannya.

Seperti yang dilakukan oleh Prada Rahmat Hidayat di lahan jagung seluas 0,5 hektar milik Bapak Nose yang juga anggota Kelompok Tani di Desa Linawan Kecamatan Pinolosian Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Jumat (06/11/2020).

Prada Rahmat Hidayat menjelaskan, pengecekan ini merupakan bagian dari tugas pendampingan Prabinsa dalam rangka Upsus atau Upaya Khusus Pertanian Pajale (padi, jagung dan kedelai) di wilayah desa binaan.

“Pengecekan ini sudah menjadi tugas keseharian anggota TNI untuk mendampingi petani dalam menggarap lahan, menyiangi tanaman, melakukan penyemprotan hama, pengecekan dan sampai tahap panen,” ucap Prada Rahmat.

Dalam kegiatan ini, Prada Rahmat melakukan pengecekan tanaman sebelum dipanen. “Apakah tanaman jagung sudah optimal masa pertumbuhannya atau belum,” katanya.

Pengecekan tanaman dilaksanakan satu persatu pada tanaman jagung di lahan petani. Jika didapati ada hama yang menyerang dilakukan dengan penyemprotan. Tanaman pengganggu juga dibersihkan agar tanaman bisa tumbuh dan berbuah secara maksimal.

Sementara itu, pemilik lahan jagung Bapak Nose sangat berterima kasih kepada Babinsa Koramil yang telah memberi arahan dan bimbingan. Dengan pendampingan yang telah dilakukan petani jadi tahu cara bertani yang baik dan benar.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *